Monday, June 27, 2011

Dart Game

Ada yang berpendapat bahwa Dart itu bukan olah raga, melainkan bagian dari permainan.

Menurutku sih sebagai pemain Dart, Dart ini adalah bagian dari olah raga karena pada intinya disini kita dibutuhkan juga fisik dan konsentrasi yang maksimal.

Secara fisik mungkin tidak terlalu diperas tenaganya seperti olah raga yang lain seperti badminton misalnya. Tetapi fisik dan stamina di dalam Dart dibutuhkan untuk menunjang konsentrasi kita disaat kita melempar panah kecil tersebut.

Permainan Dart belum sepopuler di Eropa atau di USA, dan aku mengenal Dart ketika berada di Jerman sejak tahun 2000 yang lalu. Pada jaman itu hanya sekedar for fun saja sehabis ujian. Biasanya remaja di Jerman setelah kita menjalani masa ujian di university, malamnya kita keluar dan berkumpul di rumah seorang teman atau ke bar khusus untuk pelajar. Disana kita hanya sekedar ngobrol dan juga bermain game yang diantaranya adalah Dart ini.

Aku mulai menekuni permainan Dart ini sejak 1.5 tahun yang lalu ketika aku diminta untuk gabung dalam suatu tim Dart di kantor. Pertandingan pertama aku ikuti tahun lalu dan memang kurang beruntung. Tahun ini akan ada pertandingan lagi dan kembali aku diminta untuk mewakili departemenku dalam pertandingan Dart antar group di perusahaan tempatku bekerja.


Apa sih permainan dart itu dan bagaimanakah permainannya?

Ok, Dart adalah permainan dimana kita menggunakan alat semacam anak panah tetapi kecil (dart) dan Dart tersebut di lemparkan tepat sasaran ke targetnya yaitu papan berbentuk bulat atau di sebut Dartboard. Dartboard bentuknya bulat dan didalamnya terdapat lingkaran-lingkaran yang terbagi dalam beberapa urutan angka.

Kita harus melempar dart sesuai dengan target yang kita capai. Dalam satu team biasanya ada 3 orang tetapi bisa juga lebih kalo tidak salah 5 orang. Sedangkan score yang dimainkan juga selalu ganjil angkanya yaitu 501, 301 dan 201. Diameter dari Dartboard adalah 45,72 cm dan dibagi dalam 20 bagian. Masing-masing bagian diabatasi oleh kawat kecil, dan disitu terdapat angka-angka yang berputar searah jarum jam mulai dari angka 1 sampai dengan dua puluh. Dan angka-angka tersebut juga dibatasi oleh kawat kecil.

Sedangkan jarak tembak serta ketinggian dari dartboard (papan dart) sudah di tentukan oleh World Dart Federation. Jarak tembak adalah 2.37 meter dari Dartboard. Sedangkan ketinggian Dartboard adalah 1.73 m dari lantai.


Scoring dari permainan ini cukup rumit, karena penilaian juga tergantung dimana jatuhnya Dart tersebut. Seperti tersebut diatas bahwa ada 1 sampai dengan 20 bagian dalam Dartboard. Dan masih lagi di batasi oleh lapisan dimana nilainya single, double dan triple. Jadi kalo Dart jatuh ke angka 3 tetapi dia masuk dalam batas triple line maka score kita 3 X 3 (dikalikan 3). Dalam lapisan lingkaran tersebut yang ada lingakarn yang paling kecil dimana letaknya ditengah. Itupun juga dibagi dua lingkaran diluarnya dengan diameter agak besar mempunyai nilai 25. Lingkaran ini dinamakan “outer ring” atau “outer bull” dan lingakaran ini berwarna hijau. Sedangkan “Bull” atau “inner Bull” atau juga “double Bull” terdapat dilingkaran merah didalamnya dan mempunyai score 50. Sangat jarang yang bisa mencapai “double Bull” ini, karena lingkarannya yang kecil di tengah serta tingkat kesulitan dalam mengarahkan Dart ikut mempengaruhi.

Masing-masing pemain mempunyai tehnik dan teory sendiri dalam melempar Dart.

Permainan ini merupakan olah raga otak, bagimana tidak? Ya, karena mata dan pikiran juga ikut berperan dalam mengukur sudut lempar. Tangan harus bekerja sama dengan kemauan otak kita dalam mengarahkan Dart untuk mencapai saran yang dituju.


Oh iya, dalam pertandingan masing-masing pemain memegang 3 dart. Jadi dalam satu tim ada 3 pemain yang harus melawan tim yang lain dengan cara mencapai score yang ditentukan. Siapa yang cepat dan itu yang menang, biasanya pada babak penghabisan score kita diharapkan jangan meninggalkan angka ganjil seperti 1 dan 3. Karena ini merupakan target yang cukup sulit dan butuh waktu lama untuk bisa memanah angka tersebut. Jika terjadi draw, maka juri akan mengubah score dengan mencari bull. Masing-masing di beri kesempatan 3 kali untuk melempar, jika salah satu bisa mendaparkan “double Bull” maka dialah yang menang.

Cukup menarik bukan?

2 comments:

  1. http://searchwallpapershd.xyz

    http://musicmmp3.xyz/

    http://olstorepc.com/

    http://freemp3planet.com/

    http://mp3juicezz.xyz/

    ReplyDelete
  2. Hello,I have a great offer for those of you who have a web store.It's a mobile app AmazingCart.
    It can easily increase your profit and help to get more new clients!
    Hot Summer Sale!!! Your online store in a mobile device. Free DEMO. Mobile application for WooCommerce, Magento, OpenCart, PrestaShop.
    More info at https://amazingcart.us/

    ReplyDelete